PDAM Sukabumi Kerahkan Mobil Tangki Air Bantu Warga

Musim kemarau di berdampak pada debit sumber air bersih PDAM Tirta Bumi Wibawa (TBW) Kota Sukabumi mengalami penurunan. Dampaknya, PDAM mengerahkan armada mobil tangki air untuk membantu yang kesulitan mendapatkan air bersih.

"Kondisi terakhir sumber debit air masih berkurang," ujar Direktur Utama PDAM TBW Kota Sukabumi Abdul Kholik kepada Republika.co.id, Rabu (25/9). 

Data PDAM TBW Kota Sukabumi menyebutkan, ada tiga sumber air PDAM. Pertama sumber air Batu Karut di Selaawi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Pada kondisi normal debit airnya mencapai sekitar 150 liter per detik. Selanjutnya, sumber mata air Cinumpang yang biasanya pada waktu normal mencapai 250 liter per detik. 

Terakhir sumber mata air permukaan Cigadog. Pada waktu normal debitnya mencapai 50 liter per detik. 

Rata-rata ketiga sumber air PDAM ini mengalami penurunan debit berkisar antara 50-60 persen dibandingkan kondisi normal. Abdul menerangkan, PDAM kini berupaya membantu warga yang kesulitan mendapatkan air bersih dengan mengerahkan armada tangka air bersih dengan kapasitas 4.000 liter. Ada sebanyak tiga armada mobil tangki air bersih yang disiapkan.

Pengiriman air bersih ini ada yang diberikan secara gratis untuk membantu warga di permukiman. Sebabnya warga tersebut sangatt membutuhkan pasokan air bersih.

Langkah ini dilakukan agar PDAM tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hingga Juni 2019 ini tercatat pelanggan PDAM mencapai sebanyak 1.344 pelanggan.

Di sisi lain, PDAM mengoptmalkan sumber air yang ada dan memperbaiki sarana di sumber air agar tidak terganggu pasokan. Selain itu, PDAM juga mengaktifkan sebanyak empat sumur bor. Ke depan ada 10 unit sumur bor lainnya yang akan diaktifkan.

 

 

 

 

 

https://www.republika.co.id/berita/pyu078384/nasional/daerah/19/09/25/pyd6js370-pdam-sukabumi-kerahkan-mobil-tangki-air-bantu-warga



`